Tips Belajar Pemrograman Android untuk Pemula

Assalamualaikum sobat debuging...
Kalau kalian bener-bener baru pertama kali terjun ke dunia Android Programming, jgn beranggapan bahwa kalian tidak bisa mempelajarinya dengan mudah. Sekarang ini banyak sekali yang memposting tutorial-tutorial Android Programming.

Ini adalah rekomendasi menurut saya tutorial-tutorial yang bisa kalian pelajari secara gratis dengan mengikuti langkah-langkah yang ada.



  1. Android Developer         
    Kenapa pilihan utama yg saya rekomendasikan adalah Android Developer? Karena menurut saya, semua code, fungsi utama, atau bahkan tutorial semua kebutuhan kita ada disini, karena ini merupakan official Android dari Google. Selain itu, pilihan bahasa indonesia juga ada bagi kalian yang kesulitan mengikuti tutorial dengan bahasa inggris.
    Selain itu, dari sini kalian bener-bener akan di guide secara bertahap, karena ada code dan Screenshoot tutorial-nya sehingga sangat mudah untuk dipelajari.

  2. Tutorials Point        
    Kalo ini rekomendasi saya yg kedua, dulu ketika saya masih belajar PHP, HTML, atau lainnya, biasanya saya belajarnya  ke sini. Karena langsung ada code yg bisa di copy&paste langsung.
    Selain itu, kalian juga bisa belajar bertahap dari pertama bikin aplikasi, sampai ke tahap-tahap yg lain. hanya saja bahasa yg digunakan adalah bahasa inggris saja, jadi kalian harus pinter-pinter menerjemahkan sendiri tutorial yg ada disini.
  3. Java T Point
    Sebenernya Java T Point ini sama dengan Tutorials Point. Tutorial yg ada sangat komplit, code-nya ada tinggal ikuti step-step-nya dan bisa di copy-paste. Hanya saja, mungkin di sini masih ada beberapa code yg yg deprecated  atau sudah tidak digunakan kembali.

Selain tutorial gratis diatas, mungkin dari beberapa  Course online lain berikut  bisa kalian pertimbangkan, diantaranya :

  1. Udacity
    Jadi kursus online ini merupakan patner langsung dari Google yang materinya bisa di download secara gratis. Banyak  jenis Programming yang ditawarkan dan bisa kalian pelajari disini, terutama Android Programming. Kalo kalian kesulitan dalam memahami materi yg ada dan membutuhkan sertifikasi, kalian bisa mengikuti program yg bernama Nanodegree. Kalo kalian mau yg lebih lagi yang menjamin ketersediaan lapangan kerja usai pelajar mengikuti program, ikutin aja program Nanodegree Plus. Selebihnya kalian bisa buka-buka sendiri di website resminya https://www.udacity.com/courses.
    Bahasa yang digunakan juga ada yg memakai bahasa Indonesia karna ada juga nih Udacity Indonesia,  kalian bisa mengunjungi halaman website resminya di https://www.udacity.com/indonesia.
  2. Udemy
    Kursus online ini merupakan kursus yang kebanyakan menggunakan bahasa inggris dan berbayar. Jadi kalo kalian yg tidak suka gratisan, jangan harap bisa belajar dari sini meskipun kursus online ini sangat bagus. Berikut kursus online dari Udemy yg berkaitan dengan Android:

Mungkin itu dulu tips dari saya.. semoga bermanfaat dan dapat kalian pelajari satu persatu tentang Android programming

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Privacy Policy

Memahami LinearLayout di Android Programming